Sabtu, 18 Juli 2015

Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Luhur Poten Gunung Bromo . Liburan Gunung Bromo merupakan sebuah Taman nasional yang letaknya dalam kawasan Taman Nasiona Bromo Tengger Semeru. Gunung berapi ini mengantongi pesona wisata alami yang sungguh amat luar akrab dan pastinya saja menakjubkan. Mengulas keindahan Tamasya Bromo bukan bakal pernah berada habisnya. Menuju Agungan Sosok Pencipta benar-benar sukses dalam rasakan pada tempat liburan sangat favorit dalam Jawa Timur tersebut. Terutama ketakjuban menurut pemandangan alam pegunungan yang alami, asri serta mengagumkan.

Prioritas nomor satu saat mengambil paket berwisata Bromo yaitu demi explorasi tempat-tempat tamasya di Bromo yang semuanya memiliki daya tarik tersendiri merupakan explorasi wisata bromo 4 lokasi yang terdiri dari melihat indahnya matahari terbit dari puncak penanjakan 1 dengan penanjakan dua , Kawah Bromo , Padang Savanah serta Pasir Berbisik. Ada satu lokasi berwisata menarik yang kadang lepas dari animo pengunjung sebagai Pura Luhur Poten , kenyataannya rakyat menyebutnya dengan pura poten.
Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Poten atau Pura Luhur Poten Gunung Bromo terletak dalam tengah lautan pasir Gunung Bromo jadi salah satu lokasi beribadah Suku Tengger untuk memuji Ida Sosok Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasi Dewa Brahma . Pura Tengger ini di bangun dalam season 2000 juga arsitektur campuran dari hukum adat Bali dan Jawa yang bangunannya terbagi jadi tiga zone aau 3 Mandala ialah

- Mandala Utama sebagai lokasi pelaksanaan pemujaan atau sembahyangan yang pada dalamnya terdapat sesuatu Padma (tempat pemujaan).

- Mandala Madya (tengah) merupakan lokasi untuk persiapan juga pengiringan upacara persembahyangan

- Mandala Nista (depan) merupakan ruang terbuka yang mempunyau pintu tunggal sebagai lokasi peralihan dari luar untuk masuk menuju pada pura.

Selain adalah tempat sembahyang suku Tengger, Pura Luhur Poten merupakan lokasi perayaan suku adat Bromo sebagai Festival Yadya Kasada yang familiar disebut Upacara Kasodo . Upacara Kasada merupakan upacara tahunan demi memanjatkan puji syukur bersua karunia yang diberikan bagi seluruh kalangan Suku Tengger. Upacara itu diadakan setiap musim dalam bulan Kasada tepatnya dalam malam bulan purnama. Ampuh pada perayaan kasada pengunjung liburan Bromo sungguh selalu tinggi. bila tour Bromo biasanya mulai jam 3 pagi, maka saat perayaan tersebut di sejak pada jam 12 malam demi mengarak sesajen menuju Pura Luhur Poten Gunung Bromo. Pengunjung yang bukan merebut kendaraan roda 2 diharuskan memanfaatkan sewa jeep bromo dikarenakan kendaraan roda empat akan dilarang turun kelautan pasir tapi petugas setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar